Menu

Translate

Refraktometer


Pengertian Refraktometer


Hand Refractometer
Hand Refractometer
Refraktometer adalah alat untuk mengukur kadar air yang terkandung di dalam suatu madu dan bukan untuk mengetahui kemurnian madu. Menurut standar perdagangan internasional, hanya madu yang mengandung kadar air 17,4% saja yang dapat dipanen. 

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu pada ujung repfaktometer ditetesi sampel madu yang akan diukur kadar airnya. Setelah ditetesi, langsung bisa dilihat dari indeks bias refraktometer tersebut. Kadar air ditunjukkan oleh batas tertinggi warna biru muda yang terdapat di skala metrik. Skala metrik tersaji secara vertikal. Angka terendah terdapat di bagian atas. Semakin ke bawah semakin besar, yang menunjukkan pula semakin tingginya kadar air dalam madu. Cara kerja refraktometer adalah menggunakan persamaan indeks bias antara madu dengan refraktometer. Prinsip pengukurannya adalah dengan sinar yang ditransmisikan Sinar kasa / sumber sinar p.risma sampel telescope. disini yang digunakan adalah hand refraktometer dan bukan refraktometer abbe. Harga refraktometer attago seperti pada saat artikel ini ditulis adalah kurang lebih 7 gram emas (3,2 juta).


Gambar Refraktometer
Gambar Refraktometer
Perlu diingat disini bahwa fungsi refraktometer hanya menunjukan kadar air didalam madu dan bukan untuk mengerahui kemurnian madu. Hal ini diberikan penekanan karena ada beberapa peternak lebah yang mengklaim bahwa madunya adalah asli dan murni dengan menunjukan refraktometer yang ia miliki.

2 komentar:

NUR WAHID mengatakan...

Beli refraktometer di mana pak?

raja madu madu raja mengatakan...

Membeli refraktometer di Singapura pak, harga di kisaran 3 juta, Di Indonesia ada tetapi harganya sangat tinggi

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja