Menu

Translate

Manfaat dan khasiat Madu Putih (Sumbawa)

Madu Murni

Madu Putih
Madu Putih
Banyak orang bertanya tentang madu putih, apakah manfaatnya, apakah khasiatnya, darimanakah madu tersebut berasal, apakah madu tersebut asli? bagaimana saya membedakan madu tersebut? berapa harga yang pantas? mengapa bisa berwarna seperti tersebut. Di Situs ini penulis akan mencoba menjelaskan tentang madu putih, semoga dapat mengobati keingintahuan pembaca tentang madu putih.

Madu Putih

Di Jalan jalan banyak terdapat madu putih, banyak pula asalnya, ada yang mengatakan dari Yaman, ada yang mengatakan dari Sumbawa, dan ada yang mengatakan dari bunga tertentu. Di sini penulis mengkhususkan untuk membahasnya supaya para pembaca dan pelanggan setia Peternakan Lebah Raja Madu Madu Raja dapat membedakannya. Madu putih yang dimaksud adalah madu dengan royal jelly dengan perbandingan 1:1

Manfaat madu Putih

Madu Putih yang asli memiliki banyak manfaat àntara lain meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan maag, lever, asma, beri beri, menormalkan tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, meningkatkan eritrosit, dan banyak lainnya. Hal ini karena madu putih tersebut mengandung Royal Jelly yang sangat bagus untuk tubuh manusia. Manfaat royal jelly, selengkapnya dapat dibaca disini, sedangkan manfaat madu selengkapnya dapat di baca disini, dua jenis ini jika digabung, dapat dipastikan khasiat yang didapat dari Madu Putih itu berlipat lipat kali ganda dari madu biasa.

Madu Putih Sumbawa

Banyak dari kita menemukan ada produk berasal dari Sumbawa bernama madu putih, aslikah madu tersebut? Bagaimana bisa ia berwarna putih, pernahkah Raja Madu Madu Raja ke Sumbawa dan menemukan tumbuhan yang dapat menghasilkan madu tersebut? bagaimana saya tahu madu itu asli?
Pengalaman penulis beternak Lebah selama 30 tahun turun temurun dari Sumatra hingga Sumbawa, kami tidak pernah menemukan sama sekali panen madu kami berwarna putih, yang kami temukan hanyalah madu berwarna kuning, coklat atau hitam. Namun beberapa rekan kami sesama peternak lebah pernah menemukan madu putih tersebut di daerah Sumbawa, dan jumlahnya sedikit sekali. Banyak orang bingung mengapa ia bisa berwarna putih, jawabannya adalah karena air madunya.
 Di daerah Nusa Tenggara memang terdapat bunga tertentu yang menyebabkan perubahan warna tersebut, jadi pada dasarnya saat kita panen, madu tersebut hampir sama dengan madu keseluruhan pada awalnya, yaitu berwana kuning cokelat, tetapi kemudian mengalami perubahan warna seiring waktu sehingga lama kelamaan menjadi putih. Tetapi bila madu putih asal sumbawa tersebut dipanaskan, maka warna madu akan berubah menjadi kuning kecoklatan kembali seperti madu pada umumnya. Hal ini kemungkinan terjadi karena  komposisi gula alaminya yang berbeda dengan madu pada umumnya.

Cara Membedakan


Bagaimana saya tahu madu putih sumbawa atau madu putih klanceng yang saya hendak beli asli? Terdapat beberapa cara membedakan madu putih Sumbawa asli dan palsu, beberapa cara membedakannya adalah sebagai berikut
  1. Uji Kuantitas
    Madu Putih Sumbawa asli selalu sedikit, tidak pernah banyak, apalagi jika dia menamakan dirinya madu putih klanceng. Ukuran penjualan madu putih Sumbawa ini atau Madu Putih Klanceng ini tidaklah satu botol besar (650 ml), tetapi hanyalah satu botol sangat kecil (50 ml) . 
    Untuk mengunduh satu botol kecil (50 ml) madu putih klanceng dibutuhkan kira kira 2 kotak tawon klanceng, sedangkan untuk mengunduh madu putih sumbawa dibutuhkan kira kira satu  kotak tawon mellifica. Untuk madu biasa satu kotak dapat menghasilkan 8 botol. Madu Klanceng sendiri hanya seukuran beberapa sendok makan dan panennya beberapa sendok dalam beberapa bulan. 
  2. Uji Harga
    Untuk biaya mendapatkannya saja, satu botol madu putih sumbawa (650 ml) atau madu putih klanceng (50 ml) jatuh pada kisaran operasional 500.000 rupiah (ukuran 0,8 gram emas saat artikel ini ditulis). Belum ditambah biaya transportasi dan hasil yang didapat toko.
  3. Uji Pemanasan
    Madu putih Sumbawa yang asli jika dipanaskan akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan lagi.
  4. Uji Yodium Tincture
    Campurkan 4 tetes iodium tincture kedalam 25 tetes madu kemudian kocoklah sampai rata. Bila warnanya berubah menghitam dipastikan madu tersebut PALSU yang terbuat dari gula dicampur tepung. Yang asli warna madu tetap seperti semula atau menjadi gelap kemerah-merahan. 
    Para pelaku madu putih sumbawa palsu mencampur gula dengan tepung putih, sehingga didapatlah madu berwarna putih. Untuk membedakannya adalah dengan menggunakan yodium tincture. Yodium tincture akan bereaksi dengan tepung putih dan berwarna ungu tua kehitam hitaman. Uji ini sering dilakukan di sekolah sekolah dasar untuk membuktikan adanya amilum. Amilum sendiri adalah karbohidrat kompleks yang terdapat pada tepung atau pati.
  5. Uji Labolatorium
    Uji yang valid tentang madu dapat ditentukan dengan uji labolatorium, dengan mengetahui kandungan enzim diatase, HMF, kadar glukosa, sukrosa, air dan keasaman, dapat diketahui asli atau tidaknya madu tersebut. Semua madu dari peternakan lebah Raja Madu Madu Raja telah melalui uji labolatorium dahulu sehingga dapat dipastikan keaslian dan mutunya. Kami memastikan setiap konsumen kami mendapatkan tidak hanya mendapatkan madu asli tetapi juga yang bermutu, dan berkualitas. dari dasar uji lab yang dilakukan kami memberikan garansi produk kami. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga halaman ini mampu membantu pembaca dan konsumen setia peternakan lebah Raja Madu Madu Raja tentang manfaat dan khasiat madu putih sumbawa serta cara membedakannya.


8 komentar:

Unknown mengatakan...

apakah madu putih asli apabila disimpan cukup terlalu lama terdapat endapan dibawah ?

raja madu madu raja mengatakan...

Tidak pak, madu putih tidak memiliki endapan di bawah. Jika terdapat endapan, kemungkinan bukanlah madu putih sumbawa melainkan madu kaliandra.

Unknown mengatakan...

Adakah cara membedakan madu putih asli dengan yang campuran tepung?

raja madu madu raja mengatakan...

cara mengecek yang paling mudah adalah dengan uji lab, bisa juga dibaca cara cara lain diatas bu.

Anonim mengatakan...

Brapa harga royal jelly asli ?
Thx

raja madu madu raja mengatakan...

untuk harga dan pemesanan silahkan buka disini pak

http://pesankirim-rajamadumaduraja.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

apakah madu putih bisa untuk wajah dan gmna cranya??

raja madu madu raja mengatakan...

Semua madu dapat digunakan untuk wajah Bu, dikombinasikan dengan kayu manis baik untuk wajah

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja