Menu

Translate

Madu & Enzim

Madu & Enzim

Madu ternyata merupakan salah satu sumber enzim dari luar tubuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam madu terdapat kandungan enzim yang berasal dari ludah lebah dan dari sari tumbuhan.
Selain itu, enzim juga dapat diperoleh dari  madu  embun yang dihasilkan oleh serangga pengisap. Enzim yang dihasilkan dari  madu  adalah enzim peroksidase, invertase, diastase, katalase, oksidase serta protease. 
  • Enzim invertase berasal dari ludah lebah yang keluar pada saat memproses nektar. Enzim invertase juga sudah ada dalam nektar tersebut. Enzim ini bertugas untuk memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. 
  • Sedangkan enzim diastase adalah suatu enzim yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi dekstrin dan maltosa. Enzim ini akan rusak jika berada dalam suhu 60-80 derajat Celcius. 
  • Enzim katalase bertugas untuk mengubah hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri (menghambat pertumbuhan bakteri). 
  • Enzim oksidase berperan dalam mengkatalisis hidrogen dan juga sebagai akseptor ion hidrogen.
  • Enzim peroksida berperan dalam menjaga lipid membran sel dan hemoglobin dari senyawa peroksida yang bersifat racun. 
  • Adapun enzim protease adalah enzim yang bertugas untuk menghidrolisis protein.

Madu & Enzim

Madu & Enzim
Madu & Enzim
Dari keterangan tersebut, kita mengetahui bahwa madu –selain mengandung berbagai vitamin, mineral, protein dan lainnya – juga mengandung enzim yang bermanfaat bagi tubuh kita. Enzim di dalam madu akan rusak bila madu dipasteurisasikankan. Kenapa madu dipasteurisasikan? Pertama, supaya madu kental sehingga tampak menarik. Cara ini dilakukan untuk menghasilkan madu berkadar air tinggi dengan biaya yang rendah sehingga madu bisa dijual dengan harga murah. Kedua, pasteurisasi merupakan upaya menyatukan berbagai bahan tambahan agar cairan homogen. Pemilik madu yang dipsteurisasikan sering mengatakan bahwa madu nya bagus karena tidak meletup, tidak meletup berati tidak terfermentasi. Kenyataan di lapangan adalah semakin muda pemanenan dan semakin banyak umur madu , semakin pasti ia terfermentasi. Adanya gas pada madu menandakan bahwa enzim madu tersebut masih bekerja dan belum mati karena dipanaskan. Hanya jika madu dipasteurisasikan sajalah maka madu tidak akan pernah dapat meletup karena enzim,vitamin, sel dan bermacam bahan yang berguna didalamnya telah mati atau rusak.

Madu & Enzim

Pastikan  madu  yang Anda konsumsi tidak saja asli, tetapi juga bermutu sehingga semua kebaikan dari  madu  dapat diperoleh. Peternakan Lebah Raja Madu Madu Raja menyediakan madu yang tidak hanya asli, namun juga berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja