Menu

Translate

Mengapa madu mengkristal?

Madu dan Kristal

                   Madu Asli yg disimpan pada suhu kamar cenderung mengkristal. Beberapa orang berpikir bahwa bila madu mengkristal berarti mutu madu tersebut buruk/ sudah ditambah gula. Madu yang mengkristal merupakan akibat dari pembentukan kristal glukosa monohidrat. Madu yang mengkristal juga dipengaruhi oleh komposisi & kondisi penyimpanannya. Makin rendah kandungan airnya pada Madu Asli & makin tinggi kadar glukosanya makin cepat terjadi pengkristalan.
Mengapa madu mengkristal?
Mengapa madu mengkristal?

Madu dan Kristal

 Contoh Madu Asli jenis kaliandra, kopi, seruni dan karet lebih mudah mengkristal karena lebih banyak kandungan glukosanya. Tapi Madu Asli (kaliandra, kopi, seruni dan karet) pada suhu di atas 25 derajat C justru tidak mengkristal. Selama mengkristal, kandungan air dalam Madu Asli tidak terikat & mencetuskan terjadinya fermentasi madu. 


Madu dan Kristal

Jadi, kristalisasi pada madu tidak selalu berkaitan dengan keaslian madu ya. Maksudnya, madu yang mengkristal bisa palsu, bisa juga Madu Asli (Bukan penentu keaslian). Kadang madu jenis yang tidak dapat mengkristal, dapat terjadi pengkristalan. Hal ini terjadi karena lebah menghisap madu bunga yang dapat mengkristal bersama yang tidak dapat mengkristal. Kita tidak dapat tahu semua dan mengendalikan jenis bunga yang dihisap lebah.

Diluar negeri, madu mengkristal dihargai tinggi, bahkan rata rata madu mereka semua mengkristal. Kristalisasi wajar dan diajarkan disana.  madu luar negeri juga mengkristalArtikel tentang madu dan kristal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja