Menu

Translate

Pabrik Menyembunyikannya dari Saya (Madu Sachet)

Edukasi


Pabrik Menyembunyikannya dari Saya (Madu Sachet)


Dewasa ini banyak beredar tentang madu sachet, atau madu yang dikemas dalam plastik. Madu tersebut mungkin hanya sekitar 20 ml saja, tetapi ekonomis. Tidak jarang didalam sachet madu tersebut dituliskan, ditambah royal jelly dan beepollen.

Bisakah Madu Disimpan Dalam Sachet?


Madu murni bisa disimpan dalam waktu singkat didalam sachet plastik tetapi tidak dapat disimpan dalam waktu lebih dari 1 bulan. Madu murni menghasilkan gas karena enzim didalam madu tersebut. Jika diletakkan didalam sachet maka plastik akan menggelembung dan pecah. Madu Indonesia memiliki kadar air 20-22% , artinya madu Indonesia pasti menghasilkan gas sebagai produk sampingannya. Jika madu murni Indonesia disimpan dalam sachet dalam jangka waktu 1 bulan maka gas akan terperangkap didalam sachet. Dahulu kami Peternakan Lebah Raja Madu Madu Raja pada sekitar tahun 1990 sudah pernah ditawari pihak luar negeri untuk melakukan pengemasan madu dalam sachet. Waktu itu kami sangat antusias dan segera mengirimkan madu kami untuk dicoba dikemas dalam sachet. Namun setelah 6 bulan berlalu tidak ada kabar, kami segera menanyakan kepada pihak asing tersebut. Sang pihak asing yang hendak berinvestasi dalam pengemasan madu sachet mundur teratur. Ternyata madu sachet kemasannya tidak dapat dipasarkan karena kemasannya sudah menggelembung. Plastiknya sendiri setelah dicek ternyata tidak kuat menahan madu dalam waktu lama.

Apa yang Pabrik tidak Akan Katakan Kepada Anda


Setelah lewat tahun 1990, kami mendengar ternyata ada madu yang dapat dikemas sachet. Produk tersebut buatan salah satu industri jamu di Jawa Tengah. Usut punya usut, ternyata dia tidak mengemas madu, melainkan mengemas minuman dengan madu. Didalam komposisinya jelas tertulis, gula, perisa jeruk dan madu. Tidak diterangkan juga berapa persen kandungan madunya. Oh, jika caranya seperti ini pasti bisa dikemas dan tidak akan menggelembung kemasan sachetnya.

Lewat tahun 2013 ini kami juga melihat pabrik pabrik berlomba lomba membuat produk madu sachet. Ada pabrik tertentu yang mengatakan bahwa madu sachet mereka mengandung bee pollen dan royal jelly. Kami sangat heran, bagaimana mungkin bisa? Bee pollen dan royal jelly akan mengurangi keawetan madu sehingga madu yang sudah bercampur dengan dua substansi tersebut tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama serta mengeluarkan gas dalam jumlah yang banyak. Tetapi disini terlihat jangka waktu pengemasannya mencapai dua tahun dan sama sekali tidak ada gasnya. Hmm... Apakah madu royal jelly dan bee pollen mereka sebelum disachet dipasteurisasi terlebih dahulu? kami tidak tahu. Madu pasteurisasi saja sudah tidak sehat, apalagi (madu + royal jelly + beepollen) dan dipasteurisasi.

Bahaya Sachet Madu dan Pencegahannya.

Madu memiliki kandungan mineral yang tinggi, demikian juga royal jelly dan beepollen. Tidak sembarang wadah plastik bisa menampungnya. Plastik yang dapat menampung madu dengan aman adalah plastik dengan gambar atau cap segitiga panah dan bertulisan 5  atau pp ditengah tengahnya. Sedangkan yang bertulisan 1 atau 2 ditengah tengahnya berarti boleh dipakai tetapi tidak sering. Jika sachet madu tidak memiliki tulisan diatas, ada kemungkinan plastik tersebut adalah plastik murah. Karena ketipisannya dalam kemasan sachet, plastik murah ini dalam jangka waktu tertentu akan terlarut dalam madu (apalagi yang ditambah royal jelly dan beepollen). Selengkapnya tentang bahaya konsumsi plastik dapat dibaca disini

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari madu sachet ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membelinya.
1. Lakukan survei terlebih dahulu atau tanyakan kepada pabrik yang mengemas, apakah madu yang mereka kemas masih segar atau sudah dipasteurisasi.
2. Bacalah komposisi pada sachet madu tersebut, apakah madu atau minuman dengan madu. Berapa persen madu didalamnya merupakan pertanyaan yang perlu dijawab.
3. Perhatikan kemasan plastik madu tersebut, dan carilah cetakan bertulisan segitiga dengan gambar 5 atau pp didalamnya , jika tidak 1 atau 2. Jika tidak terdapat cetakan segitiga tersebut, jangan dibeli.


Demikian dari kami, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja